Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Gejala Long Covid yang wajid Diketahui, Dirasakan Hingga Berminggu-minggu

Orang yang terinfeksi virus corona setelah itu sembuh, umumnya hendak hadapi indikasi peradangan yang berlangsung lama. Terkadang yang merasakan hingga berminggu- minggu sampai berbulan- bulan.


baca juga : Galaxy M32 Dirilis di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya

Keadaan ini dalam kedokteran diketahui selaku lengthy covid ataupun long time covid.

Berapa lama waktu yang diperlukan buat dapat pulih dari Covid- 19 berbeda pada tiap- tiap orang.

Banyak orang dengan Covid- 19 dapat merasa lebih baik dalam sebagian hari ataupun minggu, di mana sebagian besar hendak sembuh general dalam 12 minggu. 

Tetapi, untuk sebagain orang, gejalanya dapat bertahan lebih lama walaupun sudah dinyatakan negatif serta tidak meluas.

Mungkin mempunyai indikasi jangka panjang ini tampaknya tidak terpaut dengan seberapa parah ataupun sakit seorang dikala awal kali terserang Covid- 19.

Alasannya, orang yang cuma hadapi indikasi ringan ataupun apalagi tidak mempunyai indikasi sama sekali dalam sebagian hari ataupun minggu sehabis terinfeksi virus corona dilaporkan bisa pula hadapi keadaan lengthy covid. 

Para pakar saat ini masih masih bekerja buat menekuni lebih lanjut tentang dampak kesehatan jangka pendek serta jangka panjang terpaut dengan Covid- 19, siapa yang dapat mengalaminya, serta kenapa dapat terjalin demikian. 

Indikasi lengthy covid

Terdapat banyak indikasi yang dapat dirasakan seorang sehabis terinfeksi Covid- 19. Mengutip NHS, sebagian indikasi lengthy covid yang universal terjalin, meliputi:

1. Keletihan ekstrim

2. Sesak napas

3. Perih dada ataupun dasa sesak

4. Permasalahan dengan memori serta konsentrasi( mind fog)

5. Susah tidur( tidak bisa tidur)

6. Palpitasi jantung ataupun jantung berdetak kencang

7. Pusing

8. Perih sendi

9. Sensasi kesemutan

10. Tekanan mental serta kecemasan

11. Tinitus( kuping berdenging), sakit telinga

12. Merasa sakit, diare, sakit perut, kehabisan nafsu makan

13. Temperatur badan besar, batuk, sakit kepala, sakit kerongkongan, pergantian indra penciuman ataupun perasa

14. Timbul ruam
NHS terakhir meninjau publikasi data tentang indikasi lengthy covid tersebut di lamannya pada Kamis( 22/ 7/ 2021). NHS menganjurkan untuk penyintas Covid- 19 yang merasa takut dengan indikasi lengthy covid bisa bertanya dengan dokter.

Long covid dapat jadi fakta kalau Covid- 19 mempunyai akibat yang luas, bukan cuma seputar sistem respirasi, tetapi pula nyaris segala bagian badan. Oleh karena itu, aksi penangkalan Covid- 19 sangat disarankan.

Sedangkan itu, Pusat Pengendalian serta Penangkalan Penyakit( CDC) AS, memberi tahu kalau sebagian orang yang mengidap penyakit parah dengan Covid- 19 dapat hadapi dampak multiorgan ataupun keadaan autoimun dalam dalam waktu yang lebih lama dengan indikasi yang berlangsung berminggu- minggu ataupun berbulan- bulan sehabis penyakit Covid- 19

 Dampak multiorgan bisa mempengaruhi sebagian besar sistem badan, tercantum guna jantung, paru- paru, ginjal, kulit, serta otak. 

Keadaan autoimun terjalin kala sistem imunitas melanda sel- sel sehat di badan secara tidak terencana, menimbulkan peradangan( pembengkakan yang menyakitkan) ataupun kehancuran jaringan di bagian badan yang terserang.

Walaupun sangat tidak sering, sebagian orang yang mayoritas kanak- kanak dapat hadapi sindrom inflamasi multisistem sepanjang ataupun lekas sehabis peradangan Covid- 19.

Sindrom inflamasi multisistem merupakan sesuatu keadaan di mana bagian badan yang berbeda bisa meradang. Sindrom inflamasi multisistem dapat menimbulkan keadaan lengthy covid bila seorang terus hadapi dampak multiorgan ataupun indikasi yang lain.

CDC mengatakan metode terbaik buat menghindari keadaan lengthy covid merupakan dengan memperoleh vaksinasi terhadap Covid- 19 sesegera bisa jadi.

Vaksinasi Covid- 19 direkomendasikan buat seluruh orang berumur 12 tahun ke atas. Walaupun sebagian orang dengan keadaan lengthy covid dilaporkan hadapi revisi indikasi sehabis divaksinasi, riset masih dibutuhkan buat memastikan dampak vaksinasi pada keadaan pasca- covid- 19.(*) 


Posting Komentar untuk "14 Gejala Long Covid yang wajid Diketahui, Dirasakan Hingga Berminggu-minggu"